Yuk Mengenal Komputer pertama di Dunia, Seperti Apa Ya?

Sejarah komputer pada awal abad 19 penemuan tentang komputer diabaikan dan dianggap sebagai angin lalu.

Hal ini dikarenakan potensi keuntungan yang diberikan dari science lebih rendah daripada industri. Padahal metode kalkulasi logaritma otomatis secara spesifik telah ditemukan.

Komputer Pertama di Dunia

Salah satu bagian mesin komputer dibuat oleh Charles Babbage seorang matematikawan dan penemu dari Inggris. Ia menciptakan mesin cowcatcher dan menjadi pionir dalam bidang riset operasi dan aktuaria. Banyak mesin yang telah diciptakan secara berbeda dan Babbage terus menerus mengembangkannya.

Baca Juga: Mengintip 4 Strategi Belajar Bahasa Perancis untuk Mahasiswa

Secara cepat ia berpikir untuk menggeneralisasi semua mesin pengoperasian untuk kalkulasi yang lebih baik. Pada saat pendanaan penelitian semakin menipis justru inovasi besar-besaran terjadi di tahun 1833. Ia menciptakan mesin analitik yang menjadi mesin untuk berbagai macam kebutuhan.

Mesin ini dikontrol penuh dengan program dan merupakan mesin otomatis komputer digital. Diciptakan untuk memenuhi empat komponen yaitu menyimpan, membaca, mengolah dan mencetak. Empat komponen ini menjadi komponen utama dalam komputer masa kini. Pengolahan data difungsikan untuk mengkalkulasi, analog adalah central preocessing unit (CPU).

– Perkembangan Bisnis Kalkulator

Selama abad ke 19, bisnis permesinan lama kelamaan menjadi sesuatu yang umum dan banyak digunakan. Kalkulator adalah alat umum yang dikomersialkan tahun 1820.

Pada 1874 perusahaan Remington Arm mengkomersialkan mesin ketik. Beberapa mesin lainnya diciptakan untuk kebutuhan bisnis tertentu tetapi bukanlah mesin komputer. Sejarah komputer mulai terlihat sejak mesin kalkulator terus menerus digunakan. Pada tahun 1880 an banyak hasil kalkulasi yang dapat disimpan dan dicetak.

Semua kalkulator digunakan secara virtual untuk menyimpan dan mengolah data. Mesin yang diciptakan oleh perusahaan laku keras di pasaran. Pada saat akhir abad ke 19, alat kalkulasi menjadi umum digunakan hingga akhirnya di Amerika semua bisnis mesin tersebut mendapatkan keuntungan yang baik.

Pada tahun 1911, beberapa perusahaan berkolaborasi untuk menciptakan tabulating computing dan recording company (CTR). Thomas J Watson seorang sales manager di National Cash Register menjadi pemimpin CTR dan 10 tahun kemudian berubah menjadi Business Machine Corporation (IBM). Perusahaan ini menjadi perusahaan raksasa dalam dunia komputer.

– Inovasi Modern Komputer dan Pengembangannya

Teknologi komputer baru disadari sangat penting di awal abad ke 20. Pada tahun 1930 dua riset yang berhubungan dengan komputer dilaksanakan di Amerika. Riset dilakukan di universitas Cambridge, Massachusetts. Ada dua hasil yang didapatkan dari riset ini yaitu tentang Differential Analyzer dan Harvard Mark IV.

Differential Analyzer adalah sebuah mesin analog kalkulator yang bisa digunakan untuk menyelesaikan berbagai macam masalah. Alat ini mampu membedakan berbagai kelas persamaan dalam masalah yang sering muncul dan harus diselesaikan oleh teknisi. Alat ini terbukti sangat bermanfaat dan digunakan di universitas.

Namun tetap saja alat tersebut memiliki keterbatasan untuk memecahkan masalah dalam satu kelas. Sama seperti perangkat analog, alat ini menghasilkan solusi perkiraan yang cukup praktis. Namun aplikasi untuk komputer analog dan komputer hybrid analog digital tetap masih pada. Fungsinya adalah untuk mensimulasikan sistem dinamis yang rumit seperti penerbangan pesawat, operasi pembangkit listrik tenaga nuklir dan reaksi kimia.

Sementara itu seorang profesor di Harvard bekerja menciptakan perangkat digital untuk perhitungan. Ia menyadari sesuatu penting dalam perangkat keras seperti mesin analitik dari Babbage. Kemudian memulai tahun 1937 menciptakan rencana untuk membuat serangkaian mesin hitung dengan peningkatan canggih. Teknologi ini tercipta dari Mari I hingga Mark IV.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *