Dapur Praktis dan Hemat Tempat ala Kontraktor Semarang CV Ratulangi Teknik

Dapur Praktis dan Hemat Tempat ala Kontraktor Semarang CV Ratulangi Teknik – Meski lahan mungil, dengan pengolahan yang tepat dapat Anda memaksimalkan lahan yang ada. Menggabungkan dua fungsi ini misalnya, memasak dan menyantap hidangan. Dulu, tradisi kita selalu menampilkan sebuah tatanan ruang makan dan dapur yang ditempatkan secara terpisah.

Hal itu karena rumahrumah pada saat itu masih memiliki lahan yang luas sehingga dapat dibangun ruang-ruang tersendiri sesuai fungsinya. Tapi kondisi itu tidak berlaku di masa sekarang, di mana rumah-rumah tersedia dengan luas lahan terbatas. “Karena saat ini luas tempat tinggal semakin kecil, sehingga berimbas kepada pengurangan dimensi masing masing ruang,” ujar Wilopo Rusmaraji, arsitek dari Jendela Putih Studio.

Beragam cara dapat dilakukan untuk menyiasatinya, salah satunya dengan menghilangkan ruang-ruang yang tidak perlu dan menggabungkan ruang-ruang yang memiliki fungsi serupa, misalnya ruang makan dan dapur. Kenapa Harus digabung? Aktivitas memasak dan menyantap makanan adalah dua kegiatan yang berkaitan. Setelah selesai memasak, tentu akan dimakan. Tidak heran ruangannya pun kerap berdekatan dengan dapur.

Nah, mengingat keterbatasan ruang yang kerap ditemui, batas antara kedua ruang tersebut pun dihilangkan. Caranya dengan menggabungkan 2 ruang ini, dapur dan ruang makan. Pengelolaan ruang ini pun akan menggeser fungsi ruang lainnya, misalnya ruang yang awalnya digunakan sebagai ruang makan, setelah digabungkan dengan dapur ia bisa digunakan untuk ruang lainnya, misalnya ruang keluarga.

Menggabungkan ruang makan dan dapur biasanya dilakukan dengan membuat sebuah kitchen set lengkap dengan meja makan dan kursi (stool—kursi yang dapat diatur ketinggiannya). Jadi meja makan ini dibuat untuk menggantikan eksistensi ruang makan yang hilang. Gagasan ini sudah banyak diaplikasikan pada proyek apartemen, mengingat minimnya lahan yang disediakan di area tersebut.

Kitchen set dibuat menyatu dengan meja makan. Anda pun bisa mengolah furnitur kitchen set menjadi furnitur serba guna sehingga dapat memenuhi segala kebutuhan di dapur Anda. Selain hemat ruang, penggabungan 2 fungsi ini pun membuat aktivitas di dapur lebih mudah, karena proses memasak, menghangatkan makanan, dan menyantap hidangan dilakukan di satu area yang sama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *