Tips Rawat Kompor Gas

KOMPOR GAS merupakan salah satu benda yang lazim digunakan pada rumah. Sebagaimana fungsinya, tentunya kita tidak ingin aktivitas memasak menjadi terganggu. Bahkan bahaya yang paling besar adalah kebakaran yang terjadi akibat kebocoran pada kompor gas. Lebih dari itu, dengan memastikan kompor gas berfungsi dengan baik, kita juga dapat turut menghemat pengeluaran sehari-hari. Ada cara yang sebenarnya cukup mudah untuk merawat kompor gas agar senantiasa berfungsi dan aman untuk digunakan, yaitu berikut ini.

1. Bersihkanlah lubang tempat keluarnya api pada api secara berkala. Kotoran pada lubang dapat menyebabkan api biru menjadi merah. Untuk membersihkannya kita bisa menggunakan jarum atau sikat untuk menusuk lubang-lubang tersebut, supaya kotoran yang ada di dalam lubang keluar.

2. Apabila kompor gas kita terbuat dari stainless steel, maka cara membersihkannya bisa dengan menggunakan lap kering. Jika ada noda masakan yang cukup lama menempel sehingga telah mengering, kita dapat membersihkannya dengan menggunakan lap basah yang telah diberi sabun. Untuk mencuci bagianbagian kompor yang dilapisi krom, caranya cukup dengan menggunakan air hangat yang dicampur dengan sabun. Setelah itu bersihkan kembali dengan menggunakan lap kering.

3. Saat memasang selang gas dari tabung ke pipa kompor, pastikanlah agar masuk sedalam mungkin dengan menggunakan selang karet, supaya gas tidak mengalami kebocoran. Jangan lupa, pastikan jarak antara tabung dengan kompor tidak terlalu dekat.

4. Pastikan permukaan selang kompor gas jauh dari panas. Selang juga harus dalam kondisi baik, seperti tidak terlihat retak atau tidak ada bagiannya yang tertekuk. Langkah ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kebocoran gas pada selang.

5. Jangan lupa siapkan genset perkins 5 kva di rumah anda sebagai cadangan daya listrik. Genset perkins tersebut bisa di beli di distributor jual genset jakarta PT Rajawali Indo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *